Terima pesanan Program aplikasi WEB, VB, ANDROID, DLL

Tuesday, October 9, 2018

PENERAPAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) TRRHADAP PENERIMAAN BEASISWA

PENERAPAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) TRRHADAP PENERIMAAN BEASISWA - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi source program aplikasi sistem pendukung keputusan metode SMART untuk anda yang sedang melaksanakan tugas akhir maupun skripsi. Pada hakekatnya Simple Multi Attribute Rating Technique atau disingkat menjadi SMART merupakan suatu model pengambil keputusan yang komprehensif dengan memperhitungkan hal-hal yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Dalam model pengambilan keputusan dengan SMART pada dasarnya berusaha menutupi setiap kekurangan dari model-model tanpa komputerisasi sebelumnya. Simple Multi Attribute Rating juga memungkinkan ke struktur suatu sistem dan lingkungan kedalam komponen saling berinteraksi dan kemudian menyatukan mereka dengan mengukur dan mengatur dampak dari komponen kesalahan sistem.

Peralatan utama dari model ini adalah sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya adalah persepsi manusia. Jadi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok pada model SMART dengan model lainnya sama sama terletak pada jenis inputnya, hanya saja terdapat persentase dari setiap pembobotan langsung yang ditentukan oleh hasil analisa permasalahan.

Perhitungan dalam aplikasi SPK metode SMART (simple multi attribute rating) ini sangat sederhana yang terdiri dari 3 langkah, yaitu :


  1. normalisasi bobot kriteria.
  2. perkalian matriks dengan bobot kriteria.
  3. perhitungan total.


Source code aplikasi sistem pendukung keputusan metode SMART ini dirancang dan dikembangkan diatas bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQLi. Selain itu juga didalam aplikasi sistem pendukung keputusan metode SMART ini kami menggunakan framework CSS Bootstrap versi 3 untuk mendukung aplikasi dari sisi antarmukanya (user-interface). Dan berikut adalah fitur yang ada pada aplikasi spk metode SMART meliputi :


  • Home, yaitu halaman utama yang akan tampil saat program aplikasi dijalankan.
  • Kriteria, mengatur kriteria apa saja yang digunakan sebagai dasar penilaian.
  • Alternatif, mengisi data alternatif yang akan dinilai.
  • Nilai Bobot Alternatif, mengisi bobot setiap kriteria pada masing-masing alternatif.
  • Perhitungan, memproses perhitungan SMART.
  • Spesifikasi Aplikasi SPK metode SMART


PHP Version : All PHP version which support MySQLi
DBMS : MySQL (MariaDB)
Framework CSS Bootstrap 3
HTML 5 & CSS 3

Berikut beberapa tampilan aplikasi sistem pendukung keputusan metode simple multi attribute rating:






Jika anda berminat dengan aplikasi ini, bisa hubungi via Whatsapp/Chat:085232749944 atau melalui email:afandi6594@gmail.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENERAPAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) TRRHADAP PENERIMAAN BEASISWA